Media adalah sahabat Pembangunan

Published date: 22 Feb. 2022


Kehadiran  media dalam kebutuhan masyarkat sangat besar pengaruhnya dalam sistim dan mekanisme informasi yang tepat, dan terarah. Walaupun kadangkala ada informasi yang juga menyimpang dari penyampaian informasi  yang tersampaikan ke publik. Tantangan ini merupakan peluang yang dilihat oleh pemerintah provinsi Papua melalui Bappeda, bahwa bersahabat dengan media adalah sarana untuk mereka pun terlibat secara aktif dan mendukung rencana pembangunan di Papua.

Pertemuan rutin yang dibangun setiap bulan melalui Ngobras (Ngobrol santai) bersama Jurnalis diadakan setiap 2 - 3 bulan sekali atau berdasarkan kebutuhan momentum yang terjadi atau kegiatan yang akan dilaksanakan. Berbagi  informasi, ruang diskusi buat teman- teman wartawan bertanya dan Bappeda menjawab, Ruang Ngobras ini merupakan salah satu langkah untuk kita bisa menjaring aspirasi dari level bawah yang dibawa para jurnalis dari kacamata mereka sehingga dari pihak pemerintahpun dapat menampung aspirasi dan masukkan tersebut sebagai bagian dari proses perencanaan daerah. 

Berbagi pengetahuan tentang Tata Ruang Wilayah perlu pemahaman proses dan standar yang diberlakukan berdasarkan regulasi regulasi yang mendukung tata ruang. Hal ini perlu dipahami juga oleh para wartawan sehingga alur perencanaan sehingga menjadi sebuah dokumen juga menjadi pengetahuan tersendiri bagi para wartawan.