Rapat Koordinasi Penyelenggara Informasi Geospasial (IG) Regional Papua - Maluku

Published date: 21 Mei 2024


Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Informasi Geospasial (IG) tingkat Regional Papua – Maluku diselenggarakan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG). Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperkuat pengelolaan informasi geospasial dalam menyongsong percepatan pemetaan skala besar (detail), yang diharapkan dapat bermuara pada pemanfaatan data IG untuk perencanaan dan pembangunan wilayah yang berkualitas.

Rakor diadakan di Hotel Horison Ultima Entrop – Jayapura pada Hari Selasa, 21 Mei 2024 dihadiri langsung oleh perwakilan dari Pemerintah Provinsi Papua, Pemerintah di Wilayah Daerah Otonomi Baru, Pemerintah Kabupaten/Kota, beberapa mitra pembangunan, dan BIG sendiri tentunya serta melalui meeting zoom. Beberapa masalah mendasar dapat diinventarisir dari peserta di antaranya: belum terlayani (kesulitan) jaringan internet di beberapa wilayah Papua, belum tersedianya jabatan fungsional surveyor pemetaan, serta terbatasnya jumlah ASN yang mampu menggunakan aplikasi berbasis Sistem IG.

Dalam sambutan Gubernur yang disampaikan oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Provinsi Papua, kebutuhan peningkatan kapasitas SDM pada Bidang IG merupakan permasalahan dalam mewujudkan ketersediaan data IG di daerah. Harapan besar untuk adanya tindak lanjut dalam menjawab permasalahan tersebut demi kelancaran pelaksanaan IG di masing-masing provinsi maupun kabupaten/kota sembari menutup sambutannya.