SEGERA Ranpergub PADIATAPA akan ditetapkan

Published date: 8 Juli 2022


Jayapura 8 Juli 2022, bertempat di Aula pertemuan Biro Hukum Setda telah berlangsung konsultasi pembahasan rancangan peraturan gubernur (Ranpergub) tetanga PADIATAP. Terkait Penyusunan Ranpergub ini telah berproses cukup lama sejak 2017 hingga saat ini. Acuan penyusunan Ranpergub mengaju dari SK 37 tahun 2001. Dimana dengan adanya SK 37/2001 ini belum kuat untuk memberikan perlindungan bagi MHA dan Ruang bagi MHA, untuk itu perlu di perkuat dengan SK Gubernur.

Kolaborasi dari Pemerintah daerah yg dinisiasi oleh Dinas  Lingkungan Hidup bersama dengan mitra pembangunan yang konsen dengan perlindungan MHA dan pemerhati lingkungan. Tujuan adanya Ranpergub Padiatapa memberikan perlindungan kepada MHA terhadap keleluasan kepemilikan atas lahan dan tanahnya. Berbicara tentang  perlindungan MHA mencakup atas social budaya, dan bagaimana dalam instrument hokumnya memberikan perlindungan masyarakat asli papua untuk mencapai visi 2100, kesejahteraan bagi masyarakat adat.  

Biro Karo Hukum Setda, dalam pertemuan pembahasan ini mengajak tim penyusun melihat lebih detil konten dalam ranpergub dan melihat konsiderannya. Artinya apa yang diharapkan oleh tim penyusun dan perumus dapat memahami hubungan pasal/ pasal yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat dan juga tidak terlepas dari peran pemerintah untuk dapat bersinergis.